Suleman : Zakat Fitrah Sudah Sesuai Dengan Satu Sha’

0
174

Sulawesipost.com, Bolmut— Kementerian Agama (Kemenag)Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), menggelar pertemuan bersama Badan Amil Zakat Nasional (Bazanas), Bagian Kesejahteraan (Kesra) Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan berbagai Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam, guna membahas jumlah besaran zakat fitrah dibulan ramadahan 1437 hijriah, yang wajib dikeluarkan.

Sesuai dengan hasil keputusan bersama, maka zakat fitrah bagi setiap jiwa sebesar RP25 ribu. Keputusan tersebut, sudah disesuaikan dengan jumlah harga beras yaitu Rp10 ribu perkilogram yang dikonsumsi setiap jiwa.

“ Sesuai dengan hukum syar’i, penetapan tersebut sudah baku, karena sudah mencapai satu Sha’. Dalam satu Sha’ adalah 2,5 kilogram beras, dan jika di konvesi kedalam rupiah sebesar Rp25 ribu,” terang Kepala Kemenag Bolmut, Suleman Amba, pada saat pelaksanaan rapat di aula Kemenag, Kamis (16/6) Pagi Tadi.

Suleman juga menambahkan, selain zakat fitrah, mereka juga membahas besaran jumlah zakat mal dan infaq. Zakat mal sudah masuk dalam hitungan baku. Sedangkan infag ditetapkan berjumlah Rp10 ribu setiap kepala keluarga.

“ Hasil penetapan ini akan dituangkan kedalam surat keputusan, dan akan disosialisasikan keseluruh mesjid di Bolmut,” ungkapnnya. (r1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY