Layanan Simpelkan Cepatu dan Spekat Mudahkan Warga Dalam Pengurusan Berkas

0
215

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Pemerintah Kota Kotamobagu terus berupaya untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat, buktinya dengan program pelayanan prima secara menyeluruh, Dinas Kependudukan dan catatan Sipil (Disdukcapil)meluncurkan pentuk layanan melalui Sistem Pelayanan Akta Kematian Cepat dan Tepat Waktu (Simpelkan Cepatu), dan Sistem Pelayanan Kartu Keluarga Mudah dan Cepat (Spekkat), yang menjadi terobosan atau inovasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kotamobagu.

Kepala Disdukcapil Kotamobagu, Virgina D Olii, SE mengatakan, dengan kedua program tersebut bisa menghasilkan solusi kreatif dan inspiratif untuk memperbaiki kinerja sistem pelayanan pola lama.

“ Kami telah bekerja sama dengan seluruh Camat, Lurah, dan Kepala desa se-Kotamobagu untuk memberikan informasi warga yang meninggal dunia, sehingga petugas akan melakukan pendataan identitas jenazah dan akan dibuatkan akte kematian saat itu juga,” Kata Virginia.

Tambahnya, dengan melalui kontak person yang diberikan ke Desa dan Kelurahan, akan mempermudah untuk melakukan pemeriksaan data base, agar bisa mengetahui apakah tercatat sebagai warga Kotamobagu atau bukan. Jika yang bersangkutan warga Kotamobagu, maka tim akan turun langsung ke rumah duka untuk mendata indentitas lengkap jenazah. “ Kami akanmendata nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nama orang tua kandung, dan silsilah dalam keluarga, sehingga langsung diproses saat itu juga dengan penerbitan akte kematian dan langsung diserahkan kekeluarga sebelum jenazah dimakamkan. Bahkan, disaat hari libur pun penerbitan akte kematian tetap akan dilaksanakan,” ujarnya.

Lanjutnya,  untuk Sipekkat sendiri adalah terobosan baru dalam pelayanan publik untuk mendapatkan dokumen kependudukan seperti, Kartu Keluarga (KK) secara cepat dan mudah.

“ Semua akan disesuaikan dengan prosedur, dimana setiap pasangan yang baru menikah dan masih berdomisili daerah lain, harus melakukan pengurusan pindah daerah terlebih dahulu di Kotamobagu, agar bisa melakukan pengurusan Kartu Keluarga. Proses penerbitan tidak memberatkan warga baru yang akan pindah,” ungkapnya (abd)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY