Pejabat Bolmong Buka Sosialisasi Pamsimas

0
354

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Pejabat Bupati Bolmong, Adrianus Nixon Watung membuka sosialisasi program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS), yang dilaksanakan di ruang rapat rapat asisten III, kantor sekretariat daerah Bolmong, Rabu (27/7).  Acara tersebut, turut dihadiri Ketua DPRD Bolmong Welty Komaling, Sekda Ashari Sugeha, para Asisten dan pimpinan SKPD terkait.

Acara yang diselenggarakan Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) itu, kata Nixon harus mendapat dukungan dari masyarakat. “Ini program nasional yang harus kita sukseskan. Dimana, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat tidak dapat dipisahkan sebagai sumber kehidupan,” kata Watung saat memberikan sambutan dalam pembukaan sosialisasi tersebut.

Ia menambahkan, program bantuan pusat  yang akan dilaksanakan oleh instansi teknis yakni, Dinas PU dan Kimpraswil harus ditindaklanjuti dengan kelengkapan administrasi desa untuk diusulkan pemerintah daerah ke pemerintah pusat, agar langsung dirasakan oleh masyarakat di Bolaang Mongondow.

Ia berharap kepada pimpinan SKPD, Camat, kepala desa untuk bersama-sama mendukung program-program pemerintah dan segera menindaklanjuti dengan menyediakan kelengkapan berkas sesuai permintaan.

“Selain itu, intansi teknis yang membidangi program nasional Pamsimas ini untuk lebih intens melakukan koordinasi dengan Kementerian PU dan Perumahan Rakyat, agar bantuan pemerintah pusat ini dapat diterima oleh desa, demi kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penanaman Modal dan Statistik (BP3MS) Bolmong, Ramlah Mokodongan dalam laporannya menyampaikan, pelaksanaan sosialisasi program Pamsimas III adalah sebagai upaya memberikan informasi dan pengetahuan sekaligus menyamakan persepsi terhadap substansi pelaksanaan Pamsimas III kepada seluruh stake holder.

“Tujuannya menginformasikan pelaksanaan program Pamsimas dan program air minum dan sanitasi lainnya yang dikelola atau dilaksanakan di Bolmong, yang dapat mendukung pencapaian akses universal air minum dan sanitasi,” kata Ramlah.

Selain bertujuan memberikan informasi kepada masyarakat, menjaring peminat tentang kebutuhan bantuan program air minum dan sanitasi, dengan jumlah  target pemanfaat untuk desa baru, desa peningkatan dan desa perluasan.

“ Diharapkan, dalam pelaksanaan sosialisasi mendapatkan dukungan dari pemerintah kecamatan untuk pendampingan pengajuan usulan atau minat dari pemerintah desa dan masyarakat untuk mendapatkan bantuan program air minum dan sanitasi serta mendapatkan pendampingan mengenai penyusunan proposal,” tandasnya. (tr-02)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY