7.684 Penyuluh Pertanian “Bakal” Diangkat CPNS, Kotamobagu Miliki Delapan

0
176

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Kabar gembira datang dari Menteri Pertanian , untuk para penyuluh pertanian yang ada di Kotamobagu. Sebab, ditahun ini, para Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu (THL-TB) ini akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kesempatan ini diberikan kepada para penyuluh yang telah menyukseskan program peningkatan pangan nasional Kementerian Pertanian. Di Indonesia ada 7.684 THL-TB di Kabupaten/Kota yang telah diusul untuk diangkat menjadi CPNS.

Ini merupakan kesempatan yang luar biasa. Sebab, kesempatan ini dikeluarkan sebelum Presiden Joko Widodo mencabut moratorium perekrutan CPNS. Sebagaimana surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) nomor B/501/M.PAN.RB/01/2016 tanggal 27 Januari 2016, terkait belum dijadwalkannya pelaksanaan perekrutan formasi CPNS pada tahun 2016. Belum lagi upaya dari pemerintah untuk melakukan rasionalisasi pegawai negeri sipil pada awal tahun depan.

Kepala Badan Kepegawaian Diklat Daerah (BKDD) Kotamobagu, Adnan Massinae saat dikonfirmas membenarkan hal itu. Menurutnya, ada delapan tenaga penyuluh pertanian THL-TB di Kotamobagu. tapi, dari jumlah tersebut, hanya tiga orang yang memenuhi syarat untuk masuk menjadi CPNS.

“ Yang lainnya tidak masuk, karena tidak memenuhi syarat. Sebab, kelima tenaga penyuluh kurang dari target minimal usia yang ditetapkan, yaitu 35 tahun,” kata Adnan, melalui via Short Message Service (SMS)

Lanjutnya, agenda pembahasan sedang berlangsung, dan terkait usia minimal masih diperjuangkan. Dirinya berharap, faktor usia bukan menjadi prioritas untuk meng-cover pada saat tes nanti.

Perlu diketahui, sebelum merealisasikan rencana pengangkatan CPNS Penyuluh Pertanian, Menteri PAN-RB mensyaratkan adanya nota kesepahaman (MOU) antara Menyeri Pertanian dan Bupati/Walikota untuk menjamin pelaksanaan seleksi sesuai mekanisme. Tes seleksi pengangkatan THL-TB dilakukan dengan metode Computer Assisted Test (CAT) yang dilaksanakan pada awal September 2016.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY