Wawali Hadiri Pelaksanaan Kegiatan Pemuda Gogagoman

0
166

Wawali Hadiri Pelaksanaan Kegiatan Pemuda Gogagoman

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Momentum Hari Ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Ke-71 dipergunakan sebaik mungkin oleh masyarakat Kotamobagu, untuk dijadikan wadah silaturahmi. Meski berbagai kegiatan telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, namun masyarakatpun tidak ingin ketinggalan untuk merayakan HUT RI. Seperti halnya masyarakat kelurahan Gogagoman, kecamatan Kotamobagu Barat merayakan HUT RI dengan menggelar lomba yang bersifat tradisional dan modern. Jenis perlombaan seperti, lari karung, panjat pinang, tarik tambang, motor lambat dan perlombaan burung berkicau.

Wakil Walikota (Wawali) Kotamobagu, Drs Jainuddin Damopolii selaku pemerintah Kota Kotamobagu turut menghadiri dan menyaksikan hiporia masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-71. Wawali yang biasa disapa papa Et itu, memberikan petuah dan sekaligus menyerahkan hadiah bagi para pemenang lomba.

Wawali mengatakan, jadikan momentum Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-71 sebagai wadah silaturahmi. Perlombaan-perlombaan yang dilaksanakan pada HUT RI, untuk mencari nilai-nila kebaikan, dimana setiap perlombaan semua ingin menjadi yang terbaik.

“ Keinginan inilah kita implementasi dalam kehidupan kita. Sebab, di Kotamobagu, memiliki kultur yang berbeda-beda, ada orang Sanger, Jawa, Gorontalo, Minahasa dan lain sebagainnya, namun kita disatukan di Kotamobagu. Melalui perlombaan, mari kita satukan perbedaan ini dengan semboyan Mongondow,  mototompiaan, mototabian bo mototanoban (Baku-baku Bae, baku-baku sayang, deng baku-baku inga),” ajak papa Et saat menyampaiakan sambutannya.

Dirinya mengambarkan pada salah satu jenis perlombaan yang dilaksanakan, yaitu perlombaan burung berkicau. Burung-burung yang diperlombakan memiliki warna-warna yang berbeda, namun kicauannya sama.

“ Coba kita lihat burung-burung ini, warnanya berbeda, tapi menghasilkan kicauan yang sama dan merdu ketika didengar,” ungkap Wawali penuh makna.

Lurah Gogagoman, Fanny Pudul mengatakan, kegiatan ini rutin dilakukan masyarakat dan pemuda Gogagoman. Kegiatan ini merupakan perwujudan rasa nasionalisme generasi muda bagi bangsa dan negara, khususnya bagi daerah Kotamobagu. “ 17 Agustus merupakan momentum bersejarah bagi bangsa Indonesia. Selaku warga Indonesia, kami juga ingin memperingatinya dengan kegiatan positif agar bisa menghibur masyarakat. Hadiah yang diperlombakan didapat dari para donatur dan kerja sama para pemuda, ” ungkap Fanny. (tra-1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY