Lombone : Dandes Belum Masuk Rekening Pemkot

0
161

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset daerah (DPPKAD) Kotamobagu, Rio Lombone SSTP menjelaskan penyebab keterlambatan pencairan Dana desa (Dandes). Menurutnya, keterlambatan dikarenakan dana tersebut belum masuk ke rekening Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.

“ Hal inilah yang membuat keterlambatan pencairan. Semestinya, dana tersebut sudah bisa dicairkan pada awal Agustus. Semua data yang dibutuhkan untuk pencairan telah dikirim via email ke kementerian. Sedangkan data pendukung lainnya akan dibawah langsung oleh staf,” ujar Lombone.

Terpisah, Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Keluarga Berencana, dan Perlindungan Perempuan (BPBD, KB dan PP) Kotamobagu Hamdan Moningi mengatakan, masih banyak desa yang belum memasukan Laporan Pertangung Jawaban (LPJ), hingga saat ini baru dua desa yang memasukan LPJ.

“ Untuk kelancaran pencairan, mereka harus menindaklajuti apa yang dibutuhkan saat pencairan,” ungkap Hamdan.

Lanjutnya, dana tersebut dapat digunakan sebaik mungkin, terlebih khusus kepada masyarakat. sebab, sesuai dengan evaluasi yang mereka lakukan dilapangan dana tersebut belum menyentuh hingga ke masyarakat.

“ Sesuai dengan hasil pantauan kami, dana tersebut banyak digunakan untuk pembuatan pagar. Itu juga tidak mengapa, karena pembangunan infrastruktur memang dibolehkan. Tapi, yang lebih diutamakan harus menyentuh kepada masyarakat, seperti pembuatan air bersih di desa Sia,” tuturnya. (tra-1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY