Pemkot Terus Pantau Masuknya Hewan Ternak Jelang Hari Raya Idhul Adha

0
203

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Menjelang Hari raya Idhul Adha Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mulai memperketat pemeriksaan masuknya hewan ternak yang diperjual belikan. Pemkot Melalui Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, Perikanan dan Kehutanan (DP4K) Kotamobagu, telah membentuk tim untuk melakukan pemeriksaan setiap minggunya guna memeriksa hewan yang perdagangkan.

Kepala DP4K Hardi Mokodompit, mengatakan pemeirksaan bukan hanya dilakukan pada hewan yang masih hidup. Tempat potong hewan juga akan dilakukan pemeriksaan guna mengantisipasi masuk hewan yang tidak sehat di wilayah Kotamobagu.

“ Pemeriksaan ini guna memastikan hewan ternak yang dijual dalam keadaan sehat dan bisa dikonsumsi masyarakat Kotamobagu. Bukan hanya hewan berasal dari luar daerah, namun hewan dari Kotamobagu juga tetap dilakukan pemeriksaan,” ujar Hardi.

Lanjutnya, pemeriksaan ini dilakukan agar jauh hari sebelum Idhul Adha bisa dipastikan hewan yang ada di perjual belikan dalam keadaan sehat dan tidak berpenyakit. Pihaknya juga berharap, agar  pegawasan ini bykan hanya dilakukan oleh Pemkot, namun masyarakat juga harus berperan serta guna masuknya hewan tidak sehat di Kotamobagu.

“ Jika masyarakat menemukan hewan yang tidak sehat agar segera melaporkan kepda kami dan pemeriksaan kesehatan akan dilakukan. Sebab, bila hewan yang berpenyakit di konsumsi warga bisa berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu kerjasama dari masyarakat sangat kami harapkan,” tuturnya (tra-1).

BAGIKAN

LEAVE A REPLY