Linmas Dilatih menanggulangi Bencana Kebakaran

0
172

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU—Penangulangan bencana adalah bagian dari program Sat Pol PP dan Pelindung Masyarakat (Linmas). Untuk itu, Senin (03/10) 300 Linmas di beri pembekalan berupa pelatihan menanggulangi bencana kebakaran, yang dipusatkan di lapangan Boki Hotinimbang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Sahaya Mokoginta mengatakan, ini adalah bagian dari tugas pokok linmas untuk melindungi masyarakat dari berbagai bencana.

“ Dalam rangka memaksimalkan tupoksinya itu, linmas harus diberi pelatihan penanggulangan bencana kebakaran dan bencana alam. Pelatihan pemadaman saat terjadi kebakaran itu penting, sebab mereka lebih dulu berada ditempat saat terjadi kebakaran karena mereka tersebar di Desa dan Kelurahan . Minimal mereka bisa membantu Damkar,” ujar Sahaya

Lanjutnya, seiring dengan adanya OPD itu, maka pelatihan ini sudah sesuai dengan persiapan kedepan.

“ OPD baru Damkar sudah menjadi tanggung jawab Sat Pol PP, sehingga pelatihan kepada Linmas untuk menanggulangi bencana kebakaran sudah sesuai. Ini juga bagian dari program Linmas,” tuturnya

Tambahnya, selain dibekali penanggulangan bencana kebakaran, Linmas deberi pelatihan cara memukul kentongan jika terjadi kebakaran, pencurian dan Ronda malam.

“ setiap peristiwa berbeda-beda bunyi kentongannya. Ini juga yang akan kami latih kepada Linmas, agar setiap berjaga di Desa dan kelurahan mereka, tidak pernah lupa membawa pentongan,” tambahnya (tr-1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY