Wali Kota Kotamobagu Buka Konsultasi Publik

0
192

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu melalui  badan Perencana dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) laksanakan Konsultasi Publik untuk Penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) dan Rencana Detail Tatat Ruang (RDRT) kawasan yang dipusatkan di Ballroom hotel Sutanraja Kotamobagu. Konsultasi Publik dibuka langsung Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara dan turut dihadiri Wakil Wali Kota Drs Jainuddin Damopolii, Ketua DPRD Kotamobagu Ahmad Sabir, serta Sekretaris Daerah (Sekot) Tahlis Gallang.

Wali Kota mengatakan, penyusunan dokumen KLHS sangat penting, sebab itu merupakan syarat untuk mentapkan Renperda tentang RDTR Kota Kotamobagu.

“ KLHS sangat penting untu menilai kelayakan dan dampak yang berkaitan dengan lingkungan yang ada di wilayah perencanaan,” ucap Tatong.

Tempat yang sama, Kepala BAPPEDA Sofyan Mokoginta menyapaikan, bahwa dilaksanakannya Konsultasi Publik untuk dijadikan dokumen pendukung dalam menetapkan RDTR dan peraturan Zonasi Kota Kotamobagu untuk dijadikan Peraturan Daerah. Proses KHLS harus dilakukan secara terintegrasi dengan proses perencanaan tata ruang.

“ KHLS harus berdasarkan undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan  adalah rangkaian analisis yang sistematis,menyeluruh dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah. Konsultasi Publik sangatlah penting untuk perencanaan dan pembangunan daerah yang berkelanjutan,” tutur Sofyan (tr-1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY