Cegah Masuknya Narkoba dan HIV AIDS, MTs Negeri 1 Kotamobagu Gelar Sosialisasi

0
371

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU—Madrasah Tsanawiah (MTs) Negeri 1 Kotamobagu menggelar kegiatan sosialisasi bahaya Narkoba dan penyakit menular HIV/AIDS, yang dilaksanakan di Aula MTs Negeri 1 dan diikuti oleh seluruh siswa MTs, Sabtu (22/10). Pada pelaksanaan sosialisasi dihadiri oleh tim Voluntary Counseling Test (VCT)  HIV, Sulawesi Utara (Sulut), dr Jefry Dengah, dr Earlyna Ombuh dan dokter Lussiana Mercy Maramis dari Puskemas Gogagoman.

Dokter Jefry Dengah mengatakan, tujuan dari pelaksanaan itu, untuk mengarahkan para pelajar agar tidak menggunakan narkoba dan bahayanya HIV AIDS. Sebab, bahaya narkoba memiliki efek yang merugikan diri sendiri dan banyak orang. HIV AIDS bisa tertular melalui penggunaan Narkoba.

“ Siswa adalah wadah masuknya penyakit AIDS dan pengunaan Narkoba. Jadi tujuan kami lakukan sosialisasi adalah memberikan pemahaman kepada para siswa, apa itu HIV AIDS dan cara penularanya. Sebab, Penyakit ini sering terjadi diawali dengan menggunakan Narkoba dan pergaulan. Dengan adanya sosialisasi ini, membuat para siswa bisa melakukan penolakan terhadap Narkoba dan HIV AIDS di lingkungan sekolah dan keluarga mereka,” ujar Dengah.

Tambahnya, ini merupakan program dari Rumah Sakit yang ada di Sulut untuk mensosialisasikan bahaya Norkoba dan HIV AIDS.

“ Sosialisasi seperti ini sudah sering kami lakukan. Saat kami berada di Kotamobagu, Pihak Puskesmas mengarahkan kami untuk melakukan soisialisasi di MTs. Sosialisasi seperti ini untuk melakukan pencegahan masuknya HIV AIDS sejak dini,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Sekolah, Srinangsi Makalalag mengatakan, antusias para siswa cukup tinggi saat mengikuti kegiatan itu.

“ Saat diberikan kesempatan untuk bertanya, hampir semua siswa yang hadir menyampaikan pertanyaan. Pertanyaan dari siswa termasuk tips untuk menjauhi hal-hal yang berdampak negatif itu dan bagaimana menghindarinya,” kata Sri Nangsi.

Dirinya berharap, agar kegiatan sosialisasi seperti ini bisa dilakukan secara kontinu pada waktu yang lain.  Kepasek mengucapkan terimakasih kepada para dokter yang tergabung dalam tim VCT Sulut, yang telah memberikan sosialisasi kepada para muridnya.

“ Terimakasih juga kepada pimpinan Puskesmas Gogagoman, yang telah menujuk MTs sebagai tempat untuk diadakannya sosialisasi. Semoga kerja sama ini terus terjalin, sehingga sosialisasi seperti ini bisa diadakan kembali di MTs,” ucapnya (***)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY