Wali Kota Kotamobagu Masuk Nominasi Penerima Adhikarya Pangan Nusantara

0
199

Sulawesipost, KOTAMOBAGU—Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara menjadi salah satu Kepala Daerah se–Indonesia, yang masuk Nominasi calon penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Nasional. Penghargaan ini biasanya diberikan kepada tokoh – tokoh yang dinilai berhasil menunjukkan komitmen, serta mampu meningkatkan peran aktif dari masyarakat khususnya dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian dan ketahanan pangan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian Perikanan Perkebunan, Kehutanan dan Ketahanan Pangan (DP4K) Kota Kotamobagu, Ir Hardi Mokodompit usai mendampingi Wali Kota Kotamobagu, saat menerima kunjungan dari tim Dewan Ketahanan Pangan Nasional dan Kementerian Pertanian, di rumah jabatan Wali Kota, Rabu (26/10).

“ Walikota Kotamobagu merupakan salah satu dari tujuh Bupati dan Wali Kota se–Indonesia, yang masuk dalam nominasi calon penerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara Tingkat Nasional Tahun 2016. Pelaksanaan kunjungan dari Dewan Ketahanan Pangan Nasional dan pihak Kementerian Pertanian Republik Indonesia tersebut, dilaksanakan dalam rangka melakukan verifikasi secara langsung, termasuk meninjau program dan kegiatan yang telah dilaksanakan Pemerintah Kota Kotamobagu dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan,” ujar Hardi.

Sementara itu, dalam pertemuan itu, Wali Kota Kotamobagu menyampaikan berbagai program kegiatan, serta upaya dan terobosan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Kotamobagu dalam upaya meningkatkan Ketahanan Pangan, khususnya di Kota Kotamobagu seperti penyedian sarana dan prasarana pertanian, penyediaan bibit, serta pemberian bantuan alat–alat pertanian kepada para petani di Kota Kotamobagu.

“Pemerintah Kota Kotamobagu juga memberikan bimbingan teknis dan penyuluhan kepada para petani dengan tujuan untuk membantu dan mendorong para petani, agar dapat lebih berkembang, sehingga akan ikut meningkatkan Hasil Produksi Pertanian di Kota Kotamobagu,” terang Walikota.

Lebih lanjut dikatakan, Pemerintah Kota Kotamobagu saat ini juga telah menyiapkan Gudang Cadangan pangan dan Stok Cadangan Pangan, serta membantu dalam pembangunan Lumbung Pangan Desa.

“Pemerintah Kota Kotamobagu pada tahun 2017 mendatang, juga membentuk Dinas Pangan Daerah Kota Kotamobagu, agar nantinya pelaksanaan program dan kegiatan yang berkaitan dengan Ketahanan Pangan, dapat dilaksanakan dengan lebih Fokus dan Teraarah dan Tepat Sasaran,” ujar Walikota. (***)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY