Juri Ardiantoro: Penyelenggara Pilkada Harus Netral

0
239

Sulawesipiost.com, BOLMONG— Untuk terwujudnya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bolaang Mongondow (Bolmong) berintegritas dan damai, maka para penyelengara harus berlaku netral.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI), Juri Ardiantoro melalui sambutanya pada rapat kerja (Raker) dan Konsilidasi, yang diikuti oleh Pejabat Bupati Bolmong Adrianus Nixon Watung, Ketua Dewan Bolmong, kedua Pasangan Calon (Paslon), para petugas KPU dari tingkat provinsi hingga daerah se-BMR dan PPK, PPS, serta KPPS yang dilaksanakan  di Gedung Bagas Raya, Yadika Kopandakan dua, Jumat (4/11).

“ Saya menegaskan kepada para penyelenggara pemilu, agar benar-benar tegas dan tidak berpihak pada Kandidat lain. Jangan hanya karena saudara kita ada yang menjadi tim sukses, atau teman dekat sehingga kita terlihat tidak netral , padahal hati dan ucapan kita sudah netral. Yang dimaksud netral harus semuanya, termasuk sikap dan perilaku kita sehari-hari,” tegas Juri.

Dirinya menambahkan, bahwa para penyelenggara harus menghindari hal-hal yang diangap tidak netral meski hati sudah netral. Penyelanggara sebaiknya menghindar pertemuan dengan tim sukses atau kandidat lain secara pribadi.

“ Jangan karena kita netral, kita masih duduk bersama dengan kandidat lain di warung kopi, jalan bersama atau menyelesaikan masalah hanya sendirian dan tidak melibatkan penyelenggara lain. Kita harus mampu memposisikan diri, jangan bertindak sendiri. Selaku penyelenggara independensi kita harus dijaga, agar amanah dan kepercayaan yang diberikan warga kepada kita benar-benar dijalankan sebagaimana diterapkan dalam Peraturan KPU,” tambahnya

Dirinya memberikan apresiasi kegiatan Raker dan Konsilidasi, sebab telah dilakukan deklarasi perjanjian yang berintegritas oleh 15 PPK se-Bolmong. Deklarasi pakta Integritas merupakan perwujudan kepedulian penyelanggara Pilkada.

“ Pelaksanaan Deklarasi ini, merupakan kepedulian penyelenggara untuk menjadikan Pilkada yang jujur dan adil.  Semoga dengan Raker dan Konsulidasi ini akan tercipta Pilkada di Bolaang Mongondow Beradab, Beradat dan Bermartabat,”

Perlu diketahui, Pilkada serentak ditahun 2017 berjumlah 101 daerah. Di Sulawesi Utara (Sulut) ada dua daera yang menyelengara Pilkada, yaitu Pilkada Sangihe dan Bolmong. (abd)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY