Jainuddin Damopolii Terima Alquran Berbahasa Mongondow

0
202

alquran

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Hampir dua tahun Kementerian Agama Republik Indonesia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu menerjemahkan Alquran kedalam bahasa Mongondow. Akhirnya, terjemahan Alquran berbahasa Mongodow itu rampung secara utuh. Buktinya, Senin (19/12) tadi, Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Jainuddin Damopolii menerima Alquran berbahasa mongondow yang diserahkan langsung Menteri Agama Republik Indonesia, Lukman Hakim Saifuddin di gedung Kementrian Agama Republik Indonesia.

Wakil Walikota Kotamobagu, Drs Jainuddin sangat bersyukur atas keberhasilan kementerian agama dan Pemerintah Kotamobagu yang telah berusaha untuk perampungkan Alquran dalam bahasa Mongondow.

“ Tentunya kesyukuran, kita panjatkan kepada Allah Swt atas ijinyalah Alquran ini bisa rampung. Ini merupakan suatu capaian positif bagi masyarakat Mongodow. Dengan adanya Alquran bahasa mongondow, masyarakat akan lebih mudah memahami Alquran,” ujar Jainuddin.

Lanjutnya, adanya alquran itu, Pelestarian bahasa Mongondow akan lebih efektif. Tentunya, ini searah dengan program pemerintah yang mengharuskan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan anak sekolah untuk menggunakan bahasa Mongondow.

“ Saat ini di Indonesia ada 700 bahasa daerah, namun hanya beberapa saja yang menggunakan bahasa daerah itu sendiri. Kita tidak mau bahasa Mongondow punah. Inilah kesempatan kita untuk melestarikan bahasa Mongondow,” tuturnya.

Tambahnya, pada saat proses penerjamahan, tim sedikit menemui kendala. Hal itu dikarenakan, kosakata bahasa Mongondow hanya 500 kata, sedangkan bahasa arab memiliki ribuan kosakata.

“ Dengan sedikitnya kosakata bahasa mongondow, maka sebagian ayat masih menggunakan bahasa Indonesia,” tambahnya. (ita)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY