Besok Penyampaian Hasil, RSUD Kotamobagu Naik Akreditasi C

0
203

Sulwaesipost.com, KOTAMOBAGU— Tim akreditasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) mulai melakukan tahapan survei akhir untuk peningkatan tipe Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, dari tipe D menjadi tipe C. Buktinya, Kamis (22/12) tadi, tim penyurvei langsung melakukan survei ke empat kelompok kerja RSUD Kotamobagu, yang terdiri dari Pegendalian Pencegahan Infeksi (PPI), Hak Pasien dan Keluarga (HPK), kualifikasi Pendidikan staf (KPS) dan sasaran keselamatan Pasien (SKP).

Menurut Kepala Tata Usaha (KTU) RSUD Kotamobagu, Rutman Lantong bahwa, untuk mencapai target tipe C, ada beberapa poin yang akan menjadi penilaian penting, seperti  hak dan kewajiban pasien, keselamatan pasien, pencegahan infeksi, serta kualifikasi pendidikan staf.

“ Selai itu, ada penunjang lainnya agar pencapaian itu bisa tercapai, yaitu manajemen dan pelayanan kepada pasien dan peralatan harus memadai,” jelas Lantong.

Lanjut Rutman, Survei sudah dilakukan sejak kemarin dan ini akan berakhir Jumat (23/12) esok. Survei akhir merupakan penentuan tipe untuk RSUD Kotamobagu naik ke tipe C atau masih tetap di tipe D.

“ Besok penyampaian hasil. Tim survei akan memaparkan hasil penelusuran. Setelah itu, KARS akan memberikan rekomendasi ke Kemnkes, agar mengeluarkan akreditasi. Dan kami sangat optimis RSUD Kotamobagu bisa menjadi tipe C,” ujarnya.

Rutman sangat optimis, kedepan RSUD bukan hanya bisa meraih tipe C , namun tipe B akan segera diraih, jika tower yang dibangun telah selesai.

“ Memang saat ini, RSUD Kotamobagu masih bertipekan D, namun kedepan RSUD Kotamobagu sudah bisa ber tipe B. Semua tinggal menunggu tower yang sementara dibangun. Wali Kota telah menargetkan, tahun 2017 pekerjaan tower sudah bisa tuntas,” ungkapnya (abd)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY