Jualan di Jalan dan Trotoar, Tiga Pedagang Jalani Sidang Tipiring

0
163

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Sebanyak tiga orang yang melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda) Nomor 16 tahun 2016 tentang Ketertiban Umum (Trantibum) menjalani sidang tindak pidana ringan (Tipiring) di Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, Jumat (30/12). Tapi, salah satu diantaranya tidak hadir pada persidangan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kotamobagu, Sahaya Mokoginta mengatakan ke tiga tersangka diamankan Sat Pol PP, karena telah menggunakan fasilitas umum untuk berdagang.

“ Mereka berjualan di badan jalan dan trotoar, kompleks pasar Serasi. Kandang dan Ayam mereka sudah dikembalikan, namun proses sidang tetap dilakukan dan menghadirkan tiga orang petugas dari Sat Pol PP untuk dijadikan saksi,” ujar Sahaya.

Lanjutnya, pada proses sidang Tipiring, mereka di jatuhi hukuman kurungan badan selama 14 hari dan membayar denda sebanyak Rp2,5 juta.

“ Selanjutnya, uang tersebut akan dimasukan ke kas Negara. Dan pelaksanaan sidang itu untuk memberikan efek jera pada para pelanggar Perda. Diharapkan ke depan agar warga harus tetap tertib dengan segala hal,” tuturnya.

Tambah jebolan IPDN ini, bahwa program mereka bukan hanya itu. Mereka akan memproses bangunan yang tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB). Bahkan, mereka akan membongkar bangunan tanpa ada IMB.

“ Untuk IMB akan mendapat sanksi berupa kurungan badan selama enam bulan dan denda Rp50 juta. Setelah itu bangunan akan dirobohkan,” jelasnya (dul)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY