PKK Desa Moyongkota Baru Wakili Sulut ditingkat Nasional

0
285

Sulawesipost.com, BOLTIM— Ketua Tim Pengerak (TP) Pembina Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Nursiwin Dunggio menjembut tim verifikasi tingkat nasional yang didampingi tim verifikasi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di Desa Moyongkota Baru Kecamatan Modayag Barat, Kamis (16/03). Para tim verifikasi melakukan penilaian lomba hatinya PKK di Desa Moyong Kota Baru, kecamatan Modayag. Sebab, desa Moyongkota Baru, menjadi perwakilan untuk mengikut lomba hatinya PKK ditingkat nasional.

Tim verifikasi tingkat nasional dan didampingi tim dari provinsi, Kamis (16/03) langsung ke lokasi untuk melakukan penilaian. penilaian meliputi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lingkungan Bersih Sehat (LBS).

Pemanfaatan pekarangan rumah warga juga menjadi bagian dari penilaian. Begitu juga dengan pengelolaan kebun desa harus memenuhi syarat sebagai tanaman pokok dapur seperti cabai, bawang, sayur, tomat, serta tanaman lainnya .Pada penilaian itu, tim verifikasi mengambil sampel di sejumlah titik secara acak.

Pada kesempatan itu, ketua TP-PKK Boltim, Nursiwin Dunggio sangat mengapresiasi atas prestasi yang diperoleh desa Moyongkota Baru. Dirinya berharap, agar penilain tersebut berdampak positif untuk mengantarkan Moyongkota Baru menjadi juara di tingkat Nasional.

“ Semua ini adalah hasil dari kerja keras para pengurus PKK Desa Moyongkota Baru. Dan ini merupakan prestasi yang diperoleh Desa Moyongkota Baru,” tutur Umi sapaan Nursiwin.

Tempat yang sama, Sangadi (Kepala Desa) Moyongkota Baru, Husain Embo mengaku bangga dengan apa yang telah diperoleh oleh Desanya. Menurutnya, itu merupakan bentuk kerjasama antara pemerintah Desa, PKK dan seluruh Masyarakat.

“ Alhamdulillah, menjadi perwakilan provinsi bukanlah hal yang mudah. Ini semua karena bentuk kesadaran dan kerjasama antara masyarakat dan pemerintah, serta pengurus PKK ditingkat desa,” tutur Husain.

Dirinya juga menjelaskan, khusus dikecamatan Modayag Barat, Desa Moyongkota Baru pemanfaatan pekarangan rumah menjadi Ikon desa.

Selain pelaksanaan penilaian oleh tim verifikasi. Ketua TP-PKK Boltim juga menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu di Desa Moyongkota Baru. Bantuan berupa pakaian seragam anak sekolah mulai dari SD hingga SMA, selimut serta peralatan dan pakaian bayi untuk ibu hamil (*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY