Disdukcapil Kotamobagu Siap Lounching Kartu KIA

0
235

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU- Kartu Identitas Anak (KIA) akan segera lounching oleh Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil (Disdukcapil)Kota Kotamobagu dalam waktu dekat ini. Sedangkan jumlah blangko yang disiapkan oleh Disdukcapil ada delapan ribu.

Menurut kepala Disdukcapil Kotamobagu,Virginia Olii dari 514 Disdukcapil yang ada di indonesia, Kotamobagu masuk pada ururtan ke 109 yang menerbitkan KIA.

“Dengan kartu KIA ini otomatis mereka sudah masuk dalam sistem. Jadi, orang tua mereka sudah tidak perlu membawa kartu keluarga kemana-mana,” jelas Virginia.

Lanjutnya, penerbitan kartu KIA itu sudah sesuai dengan Permendagri nomor 2 tahun 2016.

” Pada kartu KIA golongan darah mereka akan dicantumkan, agar disaat anak membutuhkan darah, mereka tidak repot lagi,” ujarnya.

Tambahnya kartu KIA hampir mirip KTP, namun kartu KIA hanya diperuntukan dari usia lima tahun hingga 17 tahun.

”  Dengan buku KIA ini, mereka sudah bisa membuka rekening bank sendiri atau keluar daerah,” tambahnya.

Virginia juga berterimakasih kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, dalam hal ini Wali Kota Ir Hj Tatong Bara, yang turut mensuport penerbitan KIA di Kotamobagu dwngan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.

” Biasanya anggaran ini berasal dari APBN, namun kalau kita menunggu itu, kapan terealiasi. Kami berterimakasih kepada Wali Kota yang telah mensuport kami agar kartu KIA di Kotamobagu segerat terbit,” tandasnya (tr-1)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY