KPU Bagi Tim Untuk Verifikasi Ijasah Bakal Paslon

0
111

sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Jumat (12/01) besok, akan turun ke beberapa sekolah yang ada di Kota Kotamobagu untuk melakukan verifikasi dokumen terkait ijazah bagi para Pasangan Calon (Paslon) yang akan mengikuti pesta demokrasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kotamobagu tahun ini.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Komisioner KPU Kotamobagu, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Iwan H Manoppo ME, bahwa keabsahan Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) para bakal Paslon akan diverifikasi langsung kesekolah asal lulusan mereka.

“ Besok (Jumat,red) kami akan turun kesekolah-sekolah yang ada di Kotamobagu. Sebab, ada beberapa Paslon yang memasukan dokumen, merupakan lulusan SMA yang ada di Kotamobagu,” tutur Iwan, Kamis (11/1).

Lanjutnya, jika ada sekolah yang sudah tidak ada, maka pihak KPU akan melakukan pengecekan keabsahan ijazah SMA para bakal Paslon ke Dinas Pendidakan (Disdik).

“ Jika sekolah itu,benar-benar sudah tidak eksisi, tentunya Disdik yang akan kami kunjungi, sebab Disdik tentunya memiliki data base keabsahan ijasah SMA para bakal Paslon,” ujarnya

Iwan juga menambahkan, selain ijazah SMA, mereka juga akan melakukan verifikasi Ijazah S1 dan S2 para bakal Paslon. Menurut Iwan, pihak mereka akan di bagi menjadi beberapa tim untuk melakukan verisifikasi di beberapa Universitas para bakal Calon. Bahkan, ada tim yang ke Jakarta, sebab ada salah satu Paslon yang lulusan S2 luar Negeri.

“ Nantinya tim ini akan turun ke Universitas Sam Ratulangi (unsrat) Manado, Universitas Negeri Manado (Unima) di Tomohon, Universita yang di Makassar. Sedangkan tim yang ke Jakarta, untuk meninjau keabsahan ijazah S2 bakal Paslon lulusan luar negeri ke Kemanterian Pendidikan Tinggi (Kemendikti),” jelasnya. (dul)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY