Bupati: Membangun Desa Perdayakan Masyarakat

0
100

sulawesipost.com, BOLTIM— Untuk memajukan Desa, Bupati Bolmong Timur ( Boltim), Sehan Landjar SH menekankan, agar setiap Desa memperdayakan masyarakatnya dalam membangun desa dengan menggunakan Dana Desa.

Hal ini ditekankan oleh Bupati, pada saat Kunjungan Kerja (Kunker) di Desa Tutuyan Induk, Kamis (19/01/2018). Sehan mengatakan, agar lebih diperketat lagi dalam pengawasan program fisik yang menggunakan anggaran Dana Desa.

“ Saya tekankan kepada pemerintah Desa, agar menghindari pekerjaan fisik seperti jalan, agar tidak menggunakan alat berat berupa, excavator. Pemerintah desa, harus meperdayakan masyarakat,” ungkap Bupati dua periode itu.

Dalam sambutanya, Bupati mengatakan, dirinya telah mendapat informasi bahwa, ada desa yang tidak melibatkan masyarakat pada saat membanguna jalan perkebenun.

“ Ada desa yang membangun jalan perkebenun menggunakan alat berat. Saya tidak akan menyebut nama Desa itu. Yang jelas, saya telah mengetahui ada salah satu desa yang menggunakan alat berat untuk mengejar waktu deadline pekerjaan fisik di tahun sebelumnya. Di tahun ini, saya tidak mau ada yang mengulangi hal itu lagi,” Imbau Sehan.

Karena, menurut Bupati,  sesuai dengan amanah Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa dengan sembilan Nawacita, sudah menjadi kewajiban Pemdes dalam melibatkan peran masyarakat untuk memajukan desa.

“ Jadi, semua perencanaan yang menggunakan anggaran desa harus melibatkan masyarakat dan harus transparan, agar segala harapan dari masyarakat bisa terpenuhi. Terutama membuka lapangan kerja untuk masyarakat,” Imbaunya. (Mg02)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY