Pleno KPU, Dukungan Perseorangan JaDi-Jo Memenuhi Syarat PKPU

0
99

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Berkas hasil perbaikan dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Wali Kota dan Wakil Walikota Drs Djainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag (JaDi-Jo), akhirnya dipleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, Kamis (08/02/2018).

Dalam Pleno tersebut, KPU Kota Kotamobagu, menetapkan berkas perbaikan dukungan Bapasalon JaDi-Jo telah memenuhi syarat. Sebab, berkas Bapaslon JaDi-Jo telah memenuhi ketentuan dalam amanat Peraturan KPU (PKPU) Nomor 3 Tahun 2017 pasal 10 tentang calon perseorangan Kabupaten dan Kota.

“ Kita mengacu dengan PKPU tersebut pada pasal 10, bahwa jalur perseorangan Kabupaten dan kota dengan jumlah penduduk yang termuat dalam daftar pemilih tetap pada Pemilihan Umum (Pemilu) atau pemilihan terakhir lebih dari 250.000 sampai dengan 500.000 jiwa, harus didukung paling sedikit 8,5 persen dari jumlah tersebut,” ungkap Ketua KPU Kotamobagu, Nova Tamon.

Lanjutnya, waktu perbaikan berkas dukungan Bapaslon JaDi-JO sudah sesuai dengan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Pasangan JaDi-Jo telah memasukan 677 dukungan dan melalui verifikasi admistrasi oleh KPU yang memenuhi syarat hanya 650.

“ Dari jumlah dukungan yang dimasukan oleh Bapaslon Jainuddin Damopoli dan Suharjo Makalalag, yang memenuhi syarat admistrasi hanya 650 dukungan. dari verifikasi admistrasi dilanjutkan dengan verifikasi faktual yang dilakukan oleh PPS, dan yang masuk ke KPU hanya 472 dukungan dari jumlah keseluruhan yang dimasukan oleh Bapaslon 677 dukungan. Tambahan dukungan tersebut sudah sesuai dengan hasil Verifikasi Faktual oleh PPS,” tambahnya.

Menurutnya, hasil tersebut sesuai dengan hasil pleno rekapitulasi dari PPS, PPK yang ada di empat kecamatan. untuk  Kotamobagu Utara ada 159 dukungan, Kotamobagu Selatan 85 dukungan, Kotamobagu Timur 68 dukungan dan Kotamobagu Barat ada 160 dukungan.

” Hasil rekapan tersebut telah diterima oleh personil Panwas, serta pihak tim penghubung Bapaslon JaDi-Jo dan mereka menerima hasil pleno tersebut,” ujarnya

Menurut Komisioner KPU Kotamobagu, Amir Halatan S.Sos, bahwa Bapaslon perseorangan JaDi-Jo telah memenuhi syarat sesuai dengan ketentuan PKPU yakni 8,5 persen.

“ Total dukungan perseorangan JaDi-Jo telah memenuhui syarat, dengan jumlah dukungan keseluruhan berjumlah 9.064. Dengan hasil ini KPU telah memplenokan, bahwa jalur perseorangan memenuhi syarat,” ungkap Amir.

Pelaksanaan pleno perseorangan Bapaslon JaDi-Jo dilaksanakan di sektretaria KPU Kotamobagu, serta dihadiri oleh Pengawas Pemilu (Panwas), PPK se-Kecamatan Kotamobagu dan lima komisioner KPU. (dul)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY