Pelan Tapi Pasti, Jainuddin-Suharjo Lolos Ke Pilkada 2018

0
206

sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Pelan tapi pasti, bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kotamobagu Jainuddin Damopolii- Suharjo siap maju bertarung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Kotamobagu 2018 mendatang melalui jalur independen (perseorangan).

Sebelumnya, menurut sebagian orang, merupakan hal yang sulit untuk memilih jalur independen karena harus melewati berbagai tahapan yang berat, salah satunya mengumpulkan dukungan (KTP) dari masyarakat Kota Kotamobagu. Pasangan yang memiliki slogan JaDi-Jo ini menjadi pemecah sejarah sebagai pasangan independen pertama dalam kontestasi electoral di Kotamobagu

Berbagai proses dan tantangan berat dilewati oleh Pasangan Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag ini. Diawali dengan tahapan pendaftaran, Verifikasi Admistrasi, Verifikasi Faktual (Verfak) dilapangan, hingga dinyatakan lulus dan memenuhi kualifikasi untuk mengikuti proses pendaftaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu.

Akhirnya, pada hari Senin (12/02/2018) melalui rapat pleno terbuka, KPU Kotamobagu menyatakan pasangan JaDi-Jo memenuhi syarat untuk maju sebagai Paslon pada Pilkada 2018, melalui jalur independen. Inilah pembuktian, bahwa tanpa dukungan koalisi partai Poltik, pasangan Jainuddin Damopolii dan Suharjo Makalalag mampu maju bersama masyarakat untuk mengikuti pesta demokrasi Pilkada nanti. Kedua pasangan ini mampu mengambil hati rakyat untuk mendukung mereka melalui jalur perseorangan dengan ribuan dukungan KTP masyarakat.

Ini merupakan fenomena baru yang terjadi di Kota Kotamobagu, dimana koalisi rakyat melalui dukungan KTP akan bertarung melawan koalisi partai politik. Disinilah masyarakat Sulawesi utara akan melihat pertarungan antara koalisi partai politik dan dukungan rakyat dalam merebut kursi orang nomor satu di Kota Kotamobagu sebagai Wali Kota Kotamobagu nanti.

Hal ini juga dibuktikan dengan hasil penetapan yang diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, Senin (12/02/2018) tadi, yang dibacakan oleh Komisioner KPU Kotamobagu Amir Halatan pada saat rapat pleno terbuka.

Setelah membacakan hasil penetapan pasangan calon, Amir Halatan menyerahkan berita acara ke masing-masing pasangan calon.

Ketua KPU Kotamobagu Nova Tamon mengatakan, penetapan pasangan calon kepala daerah dari jalur partai dan perseorangan dinyatakan memenuhi syarat.

” Kedua pasangan calon memenuhi syarat untuk maju dan berhak untuk menjadi peserta di Pilkada Kota Kotamobagu” ungkap Tamon menjelang penutupan rapat pleno.

Abd Rahman Alkaramiah Malangi

BAGIKAN

LEAVE A REPLY