Tindaklanjuti Edaran Kementerian, KPU Kotamobagu Lakukan Perubahan NIK dan KK

0
93

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Menindaklanjuti edaran dari Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, melalui Komisioner Aseb Sabar menyampaikan ke sejumlah awak media, bahwa data  Nomor Identitas Penduduk (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK), tidak akan ditampilkan keseluruhannya di Daftar Pemilih Sementara (DPS).

Menurut komisioner KPU ini, bahwa imbauan Kemendagri harus dilaksanakan. Sebab, jika nomor NIK dan KK ditampilkan, bisa dikhawatirkan akan disalahgunakan.

“ Untuk menghindari itu, kami hanya akan menampilkan 12 digit, sedangkan yang empat angka terakhir tidak akan menggunakan angka,” jelas Asep.

Lanjutnya, DPS yang akan diserahkan ke PPS akan mengalami sedikit keterlembatan, karena imbauan tersebut harus dilaksanakan.

“ Penyerahan ke DPS mengalami keterlambatan dikarenakan, akan ada perubahan pada empat digit tersebut. Perubahan ini memakan waktu yang cukup lama. Namun, penyerahan DPS tidak akan melewati jadwal yang tertuang dalam PKPU nomor 1 tahun 2017,” tambahnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY