Mengantisipasi Kecurangan Pilkada, KPU Buat Formulir By Aplikasi

0
106

 

Sulawesipost.com, KOTAMOBAGU— Untuk menjegahnya kecurangan pada perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu membuat aplikasi formulir by aplikasi.

Komisioner KPUD Kotamobagu, Bidang Logistik, Ridwan Kalauw mengambarkan, bagaimana pentingnya formulir by aplikasi. Menurutnya, dengan formulir by aplikasi pemilih hanya bisa menggunakan formulir atas namanya sendiri dan tidak bisa menggunakan formulir orang lain, atau lebih dari satu formulir.

“ Jadi, Pemilih tidak bisa menyalahgunakan formulir tersebut. Dan KPPS tidak bisa menggandakan sendiri formulir tersebut, karena seluruh informasi mengenai identitas pemilih sudah dicetak  by sistem, sesuai dengan jumlah DPT,” terang Ridwan.

Lanjutnya, dengan formulir by aplikasi, KPPS sudah tidak menulis secara manual yang membutuhkan energi dan waktu lama, berpotensi keliru dan salah menulis.

“ Jadi, kerja KPPS lebih efektif, esien dan mudah. Serta, tugas KPPS tinggal membagikan formulir tersebut kepada pemilih yang terdaftar dalam DPT, paling lambat tiga hari sebelum hari pemungutan suara,” jelasnya

Tambahnya, penyalahgunaan dalam penggunaan C6, seperti menggunakan formulir C6 milik orang lain, maka akan dikenakan sanksi pidana.

“ Sesuai dengan Pasal 178A UU No. 10/2016, pidana penjara paling singkat 24 bulan dan paling lama 72 bulan, serta denda paling sedikit Rp24 juta dan paling banyak Rp72 juta,” tambahnya.

BAGIKAN

LEAVE A REPLY