Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilgub, Mewoh Ingin Rakyat Bisa Terlibat di Semua Tahapan

0
103

“Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh saat menyampaikan sambutan sekaligus menutup kegiatan secara resmi”
(Foto : Aldi Pioh)

sulawesipost.com MANADO- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menyelenggarakan kegiatan koordinasi stakeholder, peningkatan partisipasi masyarakat pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut tahun 2020. Kegiatan ini bertempat di Hotel Aston Manado, Lantai lima, Kamis (5/12).

Saat ditemui wartawan sulawesipost.com, Ketua KPU Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada awal tahapan pemilihan, sebab KPU ingin menjaring masukan dari stakeholder terutama para pemangku kepentingan yang memiliki riset, penelitian dan pengetahuan terkait dengan praktek dari penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) sebelumnya apa lagi mengenai partisipasi masyarakat.

” Kita ingin rakyat dilibatkan di setiap tahapan, mulai dari perencanaan, pemutahiran data dan seterusnya. Semua tahapan bisa diikuti oleh publik,” ungkapnya.

Terkait hal ini, Mewoh meminta masukan dari semua lapisan elemen masyarakat. ” Sempat ada perserta yang memberikan catatan yang baik untuk KPU agar kedepannya dapat membangun sebuah model sosialisasi yang lebih kreatif, inovatif dan menyentuh kepada masyarakat,” tuturnya.

lebih lanjut, Ardiles menuturkan bagi pemilih berkebutuhan khusus akan ada sentuhan langsung dari pelaksana pemilu, agar jaminan untuk bisa menggunakan hak pilih tetap ada.

” Pada pemilu 2019 kemarin, sudah cukup baik partisipasi dari masyarakat yakni sekitar 83 persen. Tentu kami berkeinginan agar pemilihan yang akan datang tetap dapat mempertahankan atau paling tidak, bisa meningkatkan,” ungkapnya.

” Tapi untuk merumuskan berapa tingkat partisipasi yang kita inginkan membutuhkan kajian lebih dalam,” tandasnya. (Api/Nal)


Warning: A non-numeric value encountered in /home/sulawesi/public_html/wp-content/themes/Newspaper/includes/wp_booster/td_block.php on line 353

LEAVE A REPLY