Empat Titik Longsor Di Kelurahan Singkil Satu, Masyarakat Diminta Agar Tetap Waspada

0
19
"Lurah Singkil Satu didampingi plt Kepala BPBD dan Camat Singkil saat memberikan bantuan berupa makanan siap saji kepada masyarakat yang terkena longsor " (doc sulawesipost.com)

sulawesipost.com, MANADO-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Manado bersama Pemerintah setempat mengunjungi rumah dan menyerakan bantuan kepada masyarakat yang terkena longsor di Kecamatan Singkil, Rabu (8/1).

Plt Kepala BPBD Donald Sambuaga mengatakan, upaya pertama yang dilakukan bekerja sama dengan Pemerintah setempat yakni Camat dan Lurah dalam membantu masyarakat yang mengalami musibah tanah longsor yaitu memberikan makanan siap saji. ” Selain itu kami juga tetap berkoordinasi dengan instansi terkait untuk dapat membantu masyarakat,” ujarnya.

Sambuaga juga mengimbau agar masyarakat yang mempunyai rumah di daerah rawan longsor agar bisa memperhatikan keselamatan jiwa masing masing. “Apa bila kondisi hujan telah mencapai satu atau dua jam, sebisa mungkin sebaiknya mencari tempat untuk berlindung yang lebih aman,” ucapnya.

Sejauh ini, lanjut Donald, semua tempat yang TIM BPBD datangi baik bajir maupun tanah longsor masih dapat diatasi oleh masyarakat. ” Kami berharap agar semua masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) Khususnya Kota Manado bisa terhindar dari bencana,” harapnya.

Disisi lain, Camat Singkil Zainal Naway menyampaikan di wilayah Kecamatan Singkil, Keluarahan Singki Satu ada empat titik yang terjadi longsor. ” Lingkungan Lima keluarga Lolong Rinding, Lingkungan Tujuh ada dua keluarga yakni Serli Abu dan Gafar Abas, sedangkan Lingkungan Enam Keluarga Megi Sumesy. Untuk saat ini Pemerintah baru memberikan bantuan berupa makanan dan nanti berikut ada juga bantuan dari Dinas Sosial kepada masyarakat,” siingkatnya.

Senada, Lurah Singkil Satu Stenly Siwi menambahkan untuk longsor di empat titik tidak ada korban jiwa. ” Ada dampak dari longsor yang terjadi tetapi tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

Siwi mengimbau agar masyarakat agar tetap waspada akan bencana dan jangan pernah lengah. ” Sampai saat ini kepala kepala lingkungan juga rutin terus berjalan dan memberikan imbauan di rumah rumah warga,” tandasnya. (Nal)

LEAVE A REPLY