Gunakan ADD 337 Juta, Pembangunan Bak Air Bersih Tahun anggaran 2017 Amburadul

0
455

sulawesipost.com, MINSEL- Pembangunan bak air bersih di Desa Durian, Kecamatan Sinonsayang, Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) tahun anggaran 2017, dengan menggunakan Dana Desa (DD) amburadul. Saat wartawan sulawesipoat.com berkunjung ke Desa Durian, selasa (11/01), beberapa masyarakat menggeluhkan air bersih. Pasalnya, penampungan air bersih yang berada di desa tersebut sudah tidak layak digunakan, sebab air sudah keruh dan berlumut. Sebelumnya penampungan air tersebut dibangun tahun 2017, namun hingga saat ini airnya tetap kotor. Hal ini dikatakan oleh masyarakat Desa Durian, bahwa pembangunan tersebut menggunakan Dana Desa sebasar Rp 337juta.
” Kami belum puas jika persoalan ini tidak terungkap. Kami menduga pekerjaan ini banyak menyimpang dan disalahgunakan,” tutur salah satu masyarakat yg tidak mau namanya dipublikasikan.
Lanjutnya, yang bertanggungjawab dalam hal ini adalah kumtua dan pihak ketiga yang mengerjakannya.
” Proyek penampungan air bersih dikerjakan oleh pihak ketiga dan Kumtua,” tambahnya.
Terpisah, mantan Kumtua Roi Rugian mengatakan, dirinya merasa dirugikan dengan apa yang disampaikan oleh masyarakat terkait tudingan menyelewengkan dana desa pembangunan air bersih.
” Pekerjaan itu sudah selesai dan sudah diperiksa oleh Inspektorat. Tapi, kalau memang itu tidak selesai, maka saya akan menyelesaikannya,” ujar Roi.
Pihak ketiga pekerja proyek Tomi Simbow mengatakan, saat pelaksanaan pekerjaan penampung air bersih dirinya tidak pernah bersangkutan dengan bendahara terkait dengan pembayaran.
” Proyek bantuan air bersih kumtua yang menangani langsung. Yang melakukan pembayaran untuk bahan material adalah kumtua bukan bendahara desa. Saya keeja sesuai dengan petunjuk Kumtua” ungkap Tomi.

Peliput : Pox

BAGIKAN

LEAVE A REPLY