Kisruh Penolakan Pasien Buko, Ini Penjelasan Sekretaris Bolmut

0
132

Sulawesipost.com, BOLMUT— Polemik pasien rujukan Puskesmas Buko Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terjawab sudah setelah dilakukan klarifikasi oleh pihak Puskesmas dan dokter yang menanganinya. Menurut Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut masih kurang edukasi dan sosialisasi mengenai pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

“ Kami telah mengundang Dirut dan Dokter RUSD, serta para ahli kandungan dan dokter dari Puskesmas Buko untuk mengkalrifikasi masalah ini,” ungkap Kalsum Manjuring pada semua awak media saat melakukan klarifikasi, Rabu (26/08).

Lanjutnya, bahwa terkait isu penolakan pasien itu dirinya, kemungkinan itu hanya diskcomunikasi sesama perawat.

“ Saat kami undang rapat, mereka menerangkan bahwa itu bukan semata karana unsur kesengajaan dan lain sebagainya, namun kami mengikuti prosedur administrasi rujukan sesusai dengan kententuan dari mentri kesehatan RI,” ujarnya.

Tambahnya, ketika isu kian marak di tenggah masyarakat mereka langsung mengambil tindakan dengan mengundang pihak RSUD dan puskesmas, guna menyelesaikan persoalan ini.

“ Sebelum melakukan tindakan itu, saya menghubungi langsung Kepala Dinas Kesehatan, yang pada saat itu berada di luar daerah. Saya lakukan ini agar tidak terjadi diskcomunikasi dengan kepala Dinas Kesehatan. Dirinya juga membenarkan langkah itu. dalam rapat tadi menghasilkan beberapa point penting. salasatunya mengedepankan pelayanan pada pasien-pasien yang sanggat membutuhkan pada substansinya pelayanan nomor satu administrasi dua.

Peliput : (kifli)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY