Hearing DPRD Bolmut, Puskesmas Bolangitan Dapat Pujian

0
123

sulawesipost.com, BOLMUT— Pelayanan kesehatan tanpa melihat status atau golongan, pihak Puskesmas Bolangitang tuai pujian disaat pelaksanaan rapat dengar Pendapat (hearing)  dari wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolmut, Drs Salim Bin Abdullah dan Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan Mokoginta MARS. Pujian itu diberikan, sebab puskesmas Bolangitang mampu menerima dan menangani pasien hingga selamat dalam berjuang menghadapi maut. Puskesmas Bolangitang berhasil menyelamatkan seorang ibu yang akan melahirkan anaknya. Dimana pasien tersebut, tidak diterima dan ditolak oleh pihak  Rumah Sakit Daerah (RSUD) Bolmut. Hari itupun, anak dan ibunya terselamatkan berkat tangan dingin dari para tenaga medis yang ihklas dalam melayani pasien, melayani dengan sepenuh hati dan atas dasar kemanusiaan, sehingga ibu dan anaknya bisa terselamatkan “ Jika hari itu, Puskesmas Bolangitang seandainya tidak ada, pasti apa yang akan terjadi kepada ibu dan anak itu. Pasti dua nyawa tidak akan tertolong,” ungkap wakil ketua dewan Drs Salim Bin Abdullah pada saat pelaksanaan hearing, Senin (01/09).

Tambah Ami Un sapaannya, pihak puskesmas Bolangitang yang memiliki fasilitas seadahnya, namun mampu menangani pasien yang ditolak oleh RSUD Bolmut. “ Kenapa Puskesmas Bolangitang mampu tidak mempermasalahkan persoalan admistrasi ? malahan, RSUD lebih mengedepan admistrasi dibanding nyawa manusia. Itu karna, pihak Puskesmas Bolangitang lebih pada pelayanan dan kemanusiaan. Sekali lagi, saya bangga dengan puskesmas bolangitang,” tutupnya.

Pujian juga datang dari Kepala Dinas Kesehatan Bolmut, dr Jusnan Mokoginta MARS. Dirinya memberikan apresiasi kepada puskesmas Bolangitang. Dimana pihak Puskesmas Bolangitang mampu mengutamakan nilai kemanusian dalam melayani masyarakat ketimbang prosedur yang hanya menghambat keselamatan orang banyak. “ Saya sangat bangga dengan Puskemas Bolangitang. Saya memberikan penghargaan kepada pihak Puskesmas Bolangitang dan tenaga medisnya,” ungkap Jusnan.

Perlu diketahui, hearing tersebut dilaksanakan oleh komisi 1 DPRD Bolmut, terkait penolakan pasien bersalin oleh RSUD Bolmut, yang menghadirkan pihak Dinkes, RSUD Bolmut, Puskesmas buko dan Puskesmas Bolangitang. (kifli)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY