Dinas Lingkungan Hidup, Serius Dalam Penanganan Sampah Di TPA Sumompo

0
9



Sulawesipost.Com,Manado – Wali kota dan Wakil Wali Kota Manado, Andrei Angouw dan Richard Sualang (AARS) sangat serius dalam menangani masalah sampah yang ada di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sumompo, yang kini menjadi persoalan pelik bagi AARS dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Manado. Karena sampah di TPA Sumompo sudah penuh dan kini berbentuk gunung, Selasa (17/05/2021)

Untuk itu, Pelaksana tugas (Plt) Kadis Lingkungan Hidup Franky Porawouw, fokus menata tempat sampah sebagimana instruksi wali kota dan Wawali Manado terkait penanganan TPA Sumompo di kota Manado.

Menurutnya, karena TPA Sumompo sudah penuh sehingga truk sampah harus berjam-jam antri untuk pembuangan sampah. Karena itu, pihaknya kini fokus penanganan sampah di TPA Sumompo sambil menunggu TPA Reginonal yang berada di kabupaten Minut sudah bisa digunakan.

“Kita fokus membuat jalan di lokasi TPA Sumompo sehingga sampah akan dibuang di bagian belakang,” ujar Kadis DLH kota Manado.

Lanjutnya, Dinas PU Manado telah meminjam alat berat yakni excavator untuk penanganan sampah di TPA Sumumpo.

“Pihak Pemprop Sulut melalui dinas PUPR Sulut juga telah meminjamkan alat beratnya ke kami untuk membantu penanganan sampah,” ujarnya.

Bukan itu saja, Wali kota Manado Andrei Angouw telah menurunkan tim eksternal untuk bersama-sama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melakukan penanganan sampah di TPA Sumompo secara cepat.

“Pak walikota juga meminjamkan alat berat miliknya sebanyak 3 unit untuk mengatasi sampah di TPA yang sudah penuh” ungkap Kadis Lingkungan Hidup ini.

Dia menambahkan, langkah strategis ini dilakukan untuk penanganan sampah kota Manado yang rata-rata per hari masuk ke TPA Sumompo sebanyak 500 kubik.(Opiss)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY