PD Pasar Manado Bersama Pedagang Sepakati Pakta Integritas “No Pungli”

0
40

Sulawesipost.Com,Manado – Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Kota Manado, Roland Roeroe bersama perwakilan pedagang, menyepakati Pakta Integritas ‘No Pungli’ antara mitra usaha dan pedagang yang ada di wilayah PD Pasar Manado. Kesepakatan dilanjutkan dengan penandatanganan yang digelar di Shopping Center Pasar 45 Manado, Jumat (3/9/2021)

Penandatanganan spanduk pakta integritas diikuti oleh perwakilan pedagang dari seluruh sektor pasar di wilayah Kota Manado yang hadir secara langsung. Namun, seluruh pedagang akan mendapatkan pakta integritas tertulis dalam bentuk surat.

Dirut Roland Roeroe saat menyampaikan sambutan mengatakan, pakta integritas antara mitra usaha dan pedagang merupakan kesepakatan tertulis yang sah dan mengikat untuk mengatur norma-norma sosial dalam aktifitas pasar.

“Ini kesepakatan bukan hanya sebagai simbolis. Tapi pakta integritas ini untuk meminimalisir terjadinya tindakan asusila di lapangan. Pungli adalah hal yang melanggar hukum. Lewat pakta integritas ini kita menjaga agar segala macam pungli di PD Pasar bisa dihilangkan,” kata Dirut didampingi Direktur Umum, Lucky Senduk, Direktur Pengembangan Jeffrie Salilo,
Direktur Operasional Irving Kurniawan Biki.

Menurut Dirut, pakta integritas ‘no pungli’ adalah bentuk program penyelarasan revolusi mental dari Presiden Jokowi. Sehingga menurut Dirut seluruh pedagang dapat memajang surat pakta integritas di tempat jualan masing-masing sebagai pengingat.


Penandatanganan spanduk pakta integritas sebagai simbolis kesepakatan.
“Itu sebagai peringatan. Agar surat pakta integritas selalu bisa dibaca dan jangan dilakukan. Disitu juga ada sanksi jika ada yang kedapatan memberikan suap atau menerima suap. Saya harap mari sama-sama kita turuti pakta integritas yang telah kita sepakati bersama,” ujar Dirut.

Lebih lanjut, Dirut mengatakan, jika ditemukan pelanggaran terhadap pakta integritas ini akan diberikan sanksi yang seberat-beratnya.

“Bagi pegawai otomatis akan dipecat. Bagi pedagang izinnya akan dicabut dan tempat jualan akan disegel,” ungkapnya.

Selesai penandatanganan pakta integritas, direksi PD Pasar juga melakukan dialog bersama pedagang terkait keluhan yang terjadi di lapangan.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yakni Badan Pengawas PD Pasar Novie Lumowa, Philip Sondakh Marko Tampi, Sekretaris PD Pasar Arnol Makawine, Jajaran Kabag dan Manager Pasar.(*)

BAGIKAN

LEAVE A REPLY